‘Bukti baru’ soal model Mona Llisa

Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci.
Mona Lisa dilukis oleh seniman jenius Leonardo Da Vinci

Seorang ahli sejarah seni Italia yakin dia sudah menemukan tempat peristirahatan terakhir wanita yang model karya seni dunia yang paling mengandung teka teki, Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci.

Hampir semua ahli seni sepakat bahwa wanita dibalik lukisan Mona Llisa adalah Lisa Gherardini, istri seorang pedagang kaya di Florence.

Namun, Sejarawan Seni Giuseppe Pallanti mengatakan, catatan dari masa itu menunjukkan dia meninggal pada usia 63 tahun bulan Juli 1542 dan dimakamkan di sebuah biarawati di pusat kota Florence yang kini terbengkalai.

Sejarawan ini mengatakan, Dia menghabiskan sisa hidupnya setelah menjanda dan sakit di biara itu.

Setelah menggali ribuan catatan resmi dari periode itu, seorang ahli seni terkemuka Italia yakin dia sudah menemukan apa yang terjadi terhadap Lisa Gherardinio setelah pertemuannya dengan pria yang melukis Mona Lisa, yaitu jenius dari zaman Pencerahan, Leonardo da Vinci.

Dokumen-dokumen itu juga menunjukkan bahwa dia saat itu masih merupakan tokoh terkenal di kalangan masyarakat Florence, seluruh umat gereja dari propinsi itu hadir dalam pemakamannya.

Teka-teki

Bahkan setelah meninggal, tampaknya, wanita yang membantu terciptanya Monalisa bagi dunia, dikenal sebagai wanita yang istimewa.

Selama berabad-abad pecinta seni bertanya-tanya soal misteri senyuman Monalisa. Apakah senyum itu ditujukan kepada kekasihnya, senyum senang akan atau baru menjadi ibu, atau sekedar menikmati lelucon pribadi yang ditujukannya pada kita?

Senyuman itulah potongan terakhir dari teka-teki yang masih belum terjawab.

sumber : bbcindonesia.com

Iklan